Zebra Nusantara Tbk

Perusahaan persero terbuka dengan kode emiten saham ZBRA yaitu PT Zebra Nusantara Tbk merupakan sebuah perusahaan yang berdiri di tahun 1987. Perusahaan ini juga mulai beroperasi di tahun yang sama secara komersial.
Perusahaan bergerak dalam bidang transportasi taksi dan jasa serupa seperti menyewakan limusin. Aktivitas operasional perusahaan bisa dibilang cukup padat dan terkait Zebra Nusantara Tbk pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasinya untuk Anda!
Zebra Nusantara Tbk
Perseroan Zebra Nusantara sebelumnya bukan perusahaan terbuka. Zebra Nusantara Tbk berdiri pertama kali sejak tanggal 8 Januari 1987 dengan nama PT Zebra yang dikukuhkan dalam akta nomor 45 tanggal 8 Januari 1987.
Soetjipto, SH, selaku notaris akta membuat dan mengesahkan akta nomor C2-6527.HT.01.01.TH.87 dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia tertanggal tanggal 12 Oktober 1987. Selanjutnya perubahan terjadi di tubuh perseroan.
Perubahan tersebut adalah perubahan nama menjadi PT Zebra Taxi yang disahkan melalui akta nomor 200 tanggal 29 September 1987 yang dibuat oleh Soetjipto, SH. Tanggal 1 November 2000, perseroan kemudian melakukan Riht Issues dengan melakukan peningkatan modal dasar menjadi 80 milyar rupiah dan modal ditempatkan kurang lebih sebesar 20 milyar rupiah.
Perusahaan juga berusaha menerbitkan saham baru seri B dengan nilai nominal Rp 100,00 per lembar saham di tahun yang sama melalui penawaran umum terbatas I dalam rangka penerbitan hak memesan efek terlebih dahulu.
Seiring berjalannya waktu, kemudian pada tahun 2003 perseroan berhasil mengakuisisi PT Surabaya Artautama Bersama yang bergerak dalam bidang usaha sejenis yaitu berkaitan dengan jasa transportasi taksi.
Perseroan berhasil mendirikan anak perusahaan yang bernama PT Zebra Energi dan perusahaan ini bergerak dalam bidang usaha BBG (Bahan Bakar Gas) tepatnya pada tanggal 10 Agustus tahun 2005. Perseroan di tahun 2017 tidak mengoperasionalkan kegiatan usaha transportasinya karena keberadaan taksi daring atau taksi online yang booming hingga kemudian taksi reguler popularitasnya mulai meredup.
Tepat 28 Juni 2019, Perseroan kemudian menyelenggarakan RUPS dan salah satu hasil keputusan dari rapat adalah melakukan penggantian pengurus Perseroan dengan posisi sebagai berikut :

Posisi komisaris utama diberikan kepada John Pieter Sembiring
Posisi komisaris independen diberikan kepada Rocky Candra
Posisi direktur utama diberikan kepada Drs. H. Mulyadi, MM.
Posisi direktur diberikan kepada Yogi Wibawa
Perubahan entitas anak yaitu PT Zebra International Dryport dilakukan perubahan nama menjadi PT Infiniti Sentra Data sesuai dengan akta yang tertuang dalam nomor 6 tanggal 21 Juli 2020 yang dibuat dihadapan Harra Mieltuani Lubis, SH, Notaris di Jakarta.
Pada tahun 2021 triwulan pertama, Perseroan secara resmi berhasil diambil alih oleh PT Trinity Healthcare sebagai pengendali baru. Pengambilalihan tersebut bertujuan untuk mengembangkan dan melakukan diversifikasi usaha perseroan serta sekaligus melakukan upaya pengembangan segmen usaha dalam bidang perdagangan distribusi, logistik dan yang berkaitan dengan teknologi informasi.
Atas pengambilalihan tersebut, sebagai tindak lanjutnya Perseroan mengadakan RUPS tahunan dan luar biasa dimana salah satu keputusannya berbunyi bahwa perubahan susunan direksi dan dewan komisaris menjadi sebagai berikut :
Posisi direktur utama diberikan kepada Rudy Tanosoedibjo
Direktur diberikan kepada Paulus dan Gary Tanosoedibjo
Komisaris utama dan independen diberikan kepada Robert Pakpahan
Komisaris diberikan kepada Juliati Hadi dan Dwi Priyatno
Itulah sejarah panjang perusahaan sejak pertama kali berdiri sampai sekarang. Semoga menjadi informasi yang menambah wawasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *